Jenis Pohon Bidara

4 min read

pohon bidara

Pohon Bidara – Pernahkah anda mendengar nama bidara ? pohon yang dengan sejuta manfaat, konon bisa sebagai terapi ruqyah, mengusir setan.

pada umumnya pohon ini tumbuh di tempat yan kering, daun bidara selain bermanfaat sebgai spiritual, bisa sebagai kosmetik kesehatan buahnya pun bisa di konsumsi secara langsung,

Anda yang mungkin masih penasaran dengan daun bidara tenang saya akan menjelaskan rentetan dau bidara semoga bisa menambah pengetahuan anda semua.

Daun Bidara Arab asli

pohon bidara arab

pohon bidara arab asli meman menjadi favorit karena Allah langsung yang menyebutkan dalam alqur’an. Allah telah berfiran dalam Alqur’an Qs saba ayat 16 yang menjelaskan tentang pohon sidr (pohon bidara), selalin itu juga terdpat dalam surat al-waqiah ayat 28, surat an-najm ayat 13-16.

ini merupakan bukti yangnyata dan perlu kita prcayai bahwa pohon bidara memiliki kelebihan di bandingkan pohon lain di muka bumi ini, Allh menyebutkan ini semua karena ada banyak manfaat yag bisa kita ambil.

Ciri-ciri daun bidara arab asli

  • untuk daunmemiliki bentuk oval, memiliki warna hijau untuk bawah dan atasnya, warna natural tidak mengkilap, memiliki duri kecil di pinggir daun
  • untuk duri dahan dan ranting lebih banyak di banding dengan bidara lain, panjang serta tajam
  • untuk batang pohon berwarana coklat
  • untuk buah berbentuk kecil seperti kelelengkeng tidak besar, buah berwarna hijau kalem bila matang bisa berwarana kuning merah,buah sangat baik untuk di konsumsi dan kesehatan.

Manfaat daun bidara arab

hampir kita semua mengetahu manfaat daun bidara dan tidak perlu di ragukan lagi, berikut:

  • melancarakan haid datang bulan
  • sunah mandi dengan air daun bidara
  • mengatasi ejakulasi dini bagi para suami
  • bisa sebagai campuran ait mandi jenazah
  • mengatasi ganguan sihir dan jin
  • mampu mengobati luka bakar
  • mencegah penyakit deabetes
  • mampu mencegah sel tumor dan kanker
  • dan masih banyak lainnya,karena daun bidara memiliki banyak manfaat.

Bidara Cina

bIDARA CINA

pohon bidara cina sering disebut dengan ziziphus jenis pohon ini memilik karakter rindang, buahnya berbentuk sperti apel saat kecil, ketinggian pogon ini mencarai 8-10 meter dengan daun yang rindang.

untuk bunga bidara cina memiliki 5 kelopak pada bunga, berwarna kuning kehijauan, untuk karakter buah berbentuk lebih besar berwarna hijau, ketika matang berwarna coklat kehitanan, ketika sudah terlalu matang akan keriput dengansendirinya.

Bahaya Daun Bidara

Banyak orang yang mungkin kurang tahu atau belum faham dengan daun bidara ini, daun ini tidak membahyakan bagi pemakainya, melainkan banyak manfaat yang akan di peroleh.

misal dalam kesehatan kosmetik terapi ruqyah, bahkan tidak sedikit dari masyarakat rela mengeluarkan selembaran uang untuk mendapatkan bibt daun bunga buah bidara ini,

kesimpulannya apa? anda jagan takut jagan ragu dalam pemakaian, akan tapi saya anjurkan juga tidak berlebihan.

jual pohon bidara

Jual bibit pohon bidara, jika anda merasakan gangguan jin sihir santet dan lainnya, maka daun bidara bisa menjadi salah satu solusi untuk menyembuhkan pengaruhnya.

Anda bingun dimana untuk mendapatkan bibit daun benih bidara ?, tenag kami menyediakan segala kebutuhan yang berkaitan dengan bidara, selain menjual bibit kamijuga membuka konsultasi bagaiman cara menggunaka daun bidara ini.

 

pohon bidara upas

POHON BIDARA UPAS

Pohon bidara upas adalah jenis bidara yang tidak memilik duri, berbeda dengan yang lainnya hampir mayoritas berduru

untuk mengetahui bidara kupas sangat mudah yakni memiliki ciri sebagai berikut:

Daun berbentuk lebara buah berwarna hijau tua sedangkan untuk keunikannya pohon ini memiliki ubi bisa di konsumsi.

Pohon Bidara Laut

pohon bidara laut

Pohon bidara laut memiliki habitat yang radak beda dengan yang lainnya, seperti namanya laut, pohon ini hidup di pinggiran pantai.

struktur pohon lebih kecil batang keras dan terdapat serabut rambut di setiap ranting,

Bentuk daun bidara laut cenderung oval panjang bisa mencapai 29cm dan lebar 2cm, di pinngiran daun tidak berduri.

Putsa Bidara apel india

bidara india putsa

pohon ini memiliki ciri khas yang hampir sama dengan bidara arab sehingga bagi yang belum terbiasa akan kesusahan untuk membedakan,

pohon putsa ini umtuk pertumbuhan cenderung lambat, daun-daun berbentuk kecil

Cara Menanam Pohon Bidara

Untuk mendapatkan benih bidara anda bisa memecah biji bidarayang masih keras, bisa menggunakan palu tang dan alat sebaginya.

  • siapkan wadah penyemaian dari tisu atau kapas taruh di wadah basahi dengan air secukupnya yang penting basah atau lembab
  • Letakkan biji di wadah tadi satu persatu
  • kemudian wadah tadi tutup dengan rapat selama 2-3 hari agar biji mulai tumbuh tunas
  • siapkan media tanam di polybacg, setelah muncul tunas cambah, biji bisa dipindah ke media  yang menggunakancampuran tanah dan sekam,
  • Pindahakan benih bidara kedalam media dengan pelan pelan pastikan tidak terbalik.
  • tutup dengan air seperlunya tutup dengan sungkup, bertujuan agar tidak terkena sinar matahari secara langsung selama satu minggu,

Cara Menggunaka bidara

  • Menyembuhkah jerawat

cara menggunakandaun bidara untuk menyembukan jerawat yang membandel yakni, ambil beberapa daun bidara tumbuk dengan halus campur sedikit air pastikan sampai kental,

ambil secukupnya dan oleskan pada wajah yang terkena jerawat, selain itu juga bisa sebagai masker wajah,

  • Menjaga kesehatan lambung

daun bidara untuk menyembuhkan jantung , cara menggunkan cukup mudah yakni, di buat sebagai teh, dengan menjadikan bahan konsumsi bidara mengandung banyak manfaat  yang diyakin bisa menyembuhkan penyakit jantung,

  • Mengatasi gangguan tidur

manfaat daun bidara selanjutnya yakni membantu bagi para penderita susah tidur, dengan menjadikan daun bidara menjadi teh yang diyakinimengandung saponin, zat tersbut sudah lama dipercaya bisa menenanngkan dan dapat menyembuhkan insonia serta meningkatkan kualitas tidur.

Buah Bidara

Banyak jenis pohon bidara banyak pula peredaan dari segi batang, daun ukuran serta buahnya

berikut bebapa contoh Buah bidara:

cara mengolah daun bidara untuk obat

Untuk mengolah daun bidara sebagai jamu bisa dengan beberapa cara, tergantung dengan pengobatan,

Untuk pengobatan luar seperti luka bekas kecalakaan, luka bakar, jerawat, Jerawat dan lain sebagainya, cara megolahnya dengan di tumbuk smpai halus dan di balurkan pada tubuh yang perlu penanganan,

sedangkan untuk penyakit dalam seperti jantung, usu buntu, haid, susah tidur dan semua yang bersifat dalam, anda bisa menggunakan daun bidara sebagai teh, minum air rebusan daun bidara,

Beberapa hadits menganjurkan agar kita untuk menggunakan daun bidara, di antaranya campuran untuk mandi wajib, mandi haid, mandi ketika kita baru orang masuk agama Islam, bahkan untuk memandikan jenazah.

Hadits Qois bin ‘Ashim radhiyallahu ‘anhu, beliau masuk Islam, lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya supaya mandi dengan air dan daun sidr (daun bidara).” HR.m An Nasai, At Tirmidzi, Ahmad. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Rasulullah berkata kepada Ummu ‘Athiyah dan kepada para wanita yang akan melayat untuk memandikan anaknya ;”Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang sudah dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kafur barus (wewangian).” HR Bukhari dan Muslim.

Dari hadits selanjutnya, “Dari Aisyah radhiallahu ‘anha bahwa “Asma’ bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang mandi wanita haidh.

Maka Rosullulah bersabda, “Salah seorang dari kalian hendaklah mengambil air dan daun bidara, lalu engkau bersuci, lalu membaguskan bersucinya.”.HR. Bukhari dan Muslim.

Ibnu Katsir ketika menafsirkan surah al-Baqarah, ayat 102 yang bercerita mengenai fitnah syetan kepada nabi Sulaiman menyebutkan bahwa untuk mengobati sihir,

Insya Allah sebaiknya kita mengambil 7 helai daun bidara, kemudian ditumbuk halus, lalu dicampurkan tumbukan daun tersebut dengan air, dan dibacakan ayat kursi, surat al-Falaq dan ayat-ayat lain yang bisa mengusir syetan.

Dijelaskan Arsyad, Untuk menggunakan daun bidara sangat mudah, hanya perlu mengambil daun bidara dalam jumlah ganjil dan masukan ke air di gelas.”Bacakan Al-Fatihah, ayat Kursi dan lainnya. Kemudian minumkan ke orang yang diganggu jin,” jelasnya.

Supaya hasilnya maksimal, kita harua berserah diri kepada Allah SWT dan tidak takut akan gangguan sihir dan jin.

Apakah boleh meminum air rebusan daun bidara?

Salah satu pengobatan daun bidara dengan rebusan, jadi bagi anda yang akan menjadikan bidara sebagai obat jagan ragu untuk minum rebusan bidara.

minum air rebusan air binahong bermanfaat menyembuhkan segala penyakit yang ada dalam tubuh, contoh sebagai teh, rebusan daun bidara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *