Alat Musik Ritmis Tradisional dan Modern Yang Populer

3 min read

Alat musik ritmis- alat tidak memiliki tangga nada ataupun not nada, perbedaan ritmis sangat beda dengan yang lainnya, fungsinya sendiri adalah sebagai pengiring alat yang lainnya.

namun ritmis bisa menstabilkan paduan antara alat musik yang lainnya, bisa sebagai tempo dan pembentukan irama sehingga musik bisa seperti harapan.

Berikut beberapa contoh ritmis yang bisa menjadi contoh untuk anda.

  • tifa
  • rebana
  • gendang
  • kendang
  • simbal
  • ketipung dll

untuk memainkan ritmis ini dengan mengikuti suatu nada, mengambil ketepatan ketukan dan nada turunan  yang mengikuti ritme lagu. jadi ketukan tergantung lagu apa yang kita ikuti misal cepat makan kita bermain cepat sedangkan untuk lagu slow kita juga main slow.

Meskipun bukan sebagai alat musik utama, berbagai instrumen ritmis memberikan banyak sumbangan untuk suatu pertunjukan. Apa saja fungsi musik ritmis? Berikut ini penjelasannya!

Contoh Alat Musik Ritmis

memiliki fungsi sebagai penentu ketukan maupun tempo, bagi anda yang akan belajar band musik dan lain sebagainyam maka ketukan tempo ritmis perlu anda perhatikan dengan lebih hati-hati agar sejalan.

1. HARMONISASI

Harmonisasi bisa tercipta dengan indah berkat adanya alat musik ritmis, baik dalam musik pop, rock, hip hop, reggae, dan lain – lain. Dalam beberapa pertunjukan, alat musik ini bahkan difungsikan untuk mengatur bit lagu misalnya drum pada pertunjukan musik rock.

2. MEMBANTU MENGATUR TEMPO

Agar tatanan m tidak berantakan, perlu adanya tempo untuk mengaturnya, alat musik ritmis inilah yang akan menjalankan fungsi sebagai pengatur tempo. Tempo yang baik bisa membuat musik lebih enak didengar, ketika tempo berubah pun musik masih terdengar teratur.

3. PENGIRING LAGU

Ada beberapa contoh alat musik ritmis yang dipakai secara solo untuk mengiringi lagu dan tarian misalnya rebana dan kendang. Sebagai pengiring lagu, jenis alat musik ini cenderung tidak bermain secara dominan sehingga suara dari penyanyi masih sangat jelas didengar. Misalnya saat alat musik ritmis dimainkan dalam marawisan dan hadrohan.

4. PENGATUR IRAMA

Irama dan harmonisasi berkaitan dengan erat. Alat musik ritmis bisa menjalankan fungsinya sebagai pengatur irama dalam sebuah pertunjukan. Irama yang enak didengar bisa membuat pendengarnya merasa rileks dan santai.

5. PATOKAN ATAU TANDA

Ketika dimainkan dengan ketukan atau cara tertentu bisa dijadikan sebagai patokan atau tanda untuk sebuah lagu. Misalnya tabuhan drum saat lagu memasuki reff, timpani saat pertunjukan klimaks orchestra, dan lain – lain.  bertindak sebagai sinyal dalam perpindahan bagian – bagian tertentu saat pertunjukan musik berlangsung.

Nah itulah penjelasan singkat ritmis tradisional dan modern,

berikut beberapa contoh alat musik ritmis dan pejelasannya

5.  Alat Musik Ritmis Drum

alat musik ritmis

Drum merupakan salah satu ritmis modern yang memiliki jenis nada membranofon alat musik perkusi yang terdiri dari kerangka drum dan memiliki tutup yang trbuat dari bahan khusu sebagai tempat pukul penghasil suara.

Alat musik Drum bisa di mainkan dengan menggunakan alat maupun tangan, contoh pemainan dengan tangan adalah ketipung atau kendag

sedangkan  yang menggunakan alat adalah senar drume yang mengasilkan dengan menggunakan alat yang di sebut stick drum.

Untuk alat musi drum sendiri trbagi menjadi dua drum biasa dan drum set, perbedaanya jika drum hanya satu alat musik, sedangkan drum set yang terdiri dari drum bas drum senar simbal dll.

6. Gendang

alat musik ritmis
videoblock.com

 

Gendang merupakan salah satu alat musik tradisional yang dari zaman dahulu ampai sekarang,

alat musik ritmis gendang biasanya sebagi pengirim musik sebagai pelengkap.

Gendang sering muncul di kontes campursari wayang dagdut bahkan musik koplo yang sedang naik daun oleh nella kharima dan via vallen.

untuk pembuatan alat musik gendang tidaklah terlalu rumit, lingkaran gendang dengan kayu, lapisan pukul terbuat dari kulit sapi,

dan untuk memperkuat atau setel nada, dengan penguat atau tali yang terbuat dari kulit yang ada di tengah gendang.

Untuk memainkan gendang ini dengan cara di pukut di setiap ujung, untuk mendapatkan suara yang bagus,

pemain gendang harus rajin berlatih karena tidak semua bisa menghasilak nada yang mantap.

7. Ketipung

alat musik ritmis ketipung, alat satu ini sampai detik ini menjadi alat musik yang lagi naik daun karena banyak musik yang beraliran dangdunt atau koplo yang di bawakan  nella kharisma via valen dan lainnya.

banyak juga yang membuat ketipung yang berasal dari paralon yang digunakan para pengamen di terminal bus.

8. Triangle

Alat musik ritmis yang berasal dari besi ini berbentuk beda jauh dari yang lain, yang lain berbentuk besar tabung panjang pake senar,

sedangkan triangle hanya besi berbentuk segi tiga dengan penganggan diatasnya, dan alat pukul sebagai penghasil suara.

9. Timpani

timpani yang memiliki nama yang terkenal dengan sebutan kettle alat musik drum yang memiliki sebutan timp,

alat musik ritmis ini memiliki kepala kendang yang terbuat dari kulit dan memiliki body dari tembaga.

sangat terkenal di negara luar pada tahun 1900an

10. Konga

yang satu ini sebenarnya bukan dari asli dari indonesia, melainkan dari afrika, alat musi yang satu ini memilik perbedaan atau berubah ubah baha yang di gunakan saat membuat,

atau mengikuti perkembangan zaman.

koga memiliki bentuk yang hampir sama dengan gendang, hanya saja di konga cara mainkan dari satu arah sedangkan gendang dua arah,

konga berdiri dengan penyangga, gendang tidur juga dengan penyangga.

10. Simbal

simbal memiliki bentuk lingkaran seperti pirinng yang terbuat dari bahan lempengan besi, jenis simbal ada dua simbal tangan dan simbal set yang ada di drum set.

simbal tagan cara memainkan dengan dua simbal di pegang kedua tangan saling di pukulkan untuk mendapatkan musik,

untuk ketukan bisa di sesuaikan tangga musik atau keinginan anda sendiri.

11. Rebana

rebana juga bisa di sebut alat musik pukul yang memiliki bentuk seperti gendang namun lebih kecil dan mudah untuk di pegang, di sisi rebana terdapat simbal kecil.

rebana banyak di gunakan pada pentas hadroh marawis untuk mendapatkan nada yang bagus rebana di mainkan secara bersmaan atau banyak untuk medapatkan nada yang bagus.

12. Tamborin

Kebanyakan orang awam menyebut alat ini dengan icik icik yups karena suara yang di hasilkan icik icik sehingga di sebut icik icik,

alat ini seperti dengan angklung namun cara memainkannyasaja yang berbeda, untuk mendapatkan nada yang bagus biasanya tamborin di barengi dengan kendang gitar atau ukulele,

 13. Kastanyet

sepasang kepingan kayu kerasa berbentuk bundar pipih dengan pegangan di atasnya,

kegunaan alat ini sebagai pengiring tarian yang ada diluar negeri contohnya spanyol.

 

sekian teman yang bisa saya sampaikan pada artikel ini semoga menambah pengetahuan pembaca yang setia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *