Contoh Hewan Ovipar

4 min read

hewam ovipar

Hewan Ovipar –  Hewan ovipar mungkin dari kalian semua sudah mengetahui namun juga ada mungkin lagi cara tahu, materi ini biasanya ada di kelas sd smp.

Apakah pengertian ovipar di bawah akan saya bahas penegertian hewan ovipar cirri-ciri dan contohnya dengan gambar, Tidak usah lama lama lagi cuss kita bahas hewan ovipar.

Selamat membaca, sampai selesai yaa.

Pengertian Hewan Ovipar

Penegertian ovipar adalah hewan perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur ,  ovipar berasal dari makna ovum yang memiliki arti telur.

Setelah hewan ovipar jantan membuahi betina maka betina akan bertelur keudian indukan mengengkrami telur dengan jangka waktu tertentu sampai telur menetas, menghasilkan spesies baru sejenis dengan indukannya.

Selain itu juga dapat di artikan perkembangan emberio yang terjadi di dalam telur, calon bayi mendapatkan sumber makanan dari cadangan makan yang terdapat dalam telur, perkembangan emberio ovipar terjadi di luar induknya.

Ciri-ciri Hewan ovipar

  1. Tidak memilik daun telinga
  2. Indukan tidak menyusui bayi
  3. Bukan termasuk hewan mamalia
  4. Induk tidak memiliki kelenjar susu
  5. Termasuk hewan unggas
  6. Berkemang dengan bertelur
  7. Indukan mengengkrami
  8. Telur di luar tubuh induk

Contoh hewan ovipar

Baik teman semua setelah kita belajar pengertian ciri dari hewan ovipar alangkah baiknya kita ketahui juga tentang jenis-jenis hewan ovipar gambarnya serta penjelasan sediki agar menambah pengetahuan kita bersama.

Apa saja hewan ovipar?

Apa itu ovipar dan contohnya?

1. Ayam

hewan ovipar

Ayam adalah hewan jenis unggas yang paling banyak jumlahnya di sekitar  kita, bahkan tak sedikit yang menjadikan ayam sebagai ternak, selain itu hewan ini sangat memiliki banyak manfaat contoh bisa kita manfaat dari telur daging sebagai konsumsi dan bulu bisa kita jadikan sebagi kerajinan.

Dengan banyaknya jenis ayam di peliharaan sehingga terjadi perkawinan persilanag yang membuat jenis ayam sangatlah banyak, jenis ayam yang banyak dipelihara manusai yaitu jenis ayam petelur.

Sesuai data ayam memiliki jenis lebih dari 24 milyar di dunia, bahkan menurut salah satu ilmuan menyebutkan jenis ayam lebih bnyak di bandingkan dengan burung di muka bumi

2. Kalkun

contoh hewan ovipar
pixabay.com

Kalkun merupakan dalamkatagori burung yang memiliki ukuran yang besar, untuk spesies kalkun masuk dalam katagori galliformes genus meleagris. Sedangkan untuk ukuran tubuh kalkun lebih besar betina di banding dengan yang jantan, untuk warna bulu kalkun tidak terlalu memiliki banyak variasi,

Perlu anda ketahui bahwa jenis kalkun ini termasuk liar sering di buru untuk dimanfaatkan dagingnya, kalkun liar memiliki kemampuan untuk terbang di banding dengan kalkun yang sering kita temui di ternak taman.

3. Tawon

hewan ovipar
pixabay.com

Tawon termasuk sejenis serangga yang memiliki perlindungan diri dengan menyengat apabila terasa terancam oleh mangsa, perlu kita ketahui bahwa tawon berbeda dengan lebah bahkan banyak dari kita yang menyamakan,

Ada sekkitar 75.000 spesies tawon di dunia ini yang sudah di teliti oleh ilmuan, sebagian besar hewan tawon sebagai hewan parasit,

Memiliki kebiasaan menaruh telur tawon di hewan yang lain, untuk habitas tawon hamper di seluruh dunia kecuali yang bertemperatur panas.

4. Kupu-kupu

Siapa sih yang tidak kenal dengan hewan lucu berwana warni ini, yaps hewan yang banyak kita jumpai di taman kebun sawah.

Kupu-kupu termasuk hewan serangga dari ordo lepidopetra atau serangga yang memiliki sayap bersisik, kupu-kupu memiliki hiasan di sayapnya dengan bermacam warna cerah gelap hal ini karena perbedaan habitat dan jenis.

5. Kepiting

hewam ovipar
pixabay.com

Hewan kepiting termasuk anggota hewan dari krustasea yang memiliki jumplah 10  lima pasang, kepiting bisa kita temui di semua benua , ada beberapa habitat kepiting ada yang hidup di laut, air tawar danau bahkan di daratan.

Untuk uukuran tubuh kepiting memiliki beraneka ragam dari yang kecil sampai yang besar, ciri khas kepiting memiliki sepuluh kaki di kanan kiri serta memiliki capit yang besar di depan sebagai pertahanan hidup, namun perlu kita ketahui ada beberapa kepiting memiliki bentuk tubuh berbeda.

6. Buaya

hewan ovipar
pixabay.com

Selain di sebut hewan ovivar buaya juga mendapat julukan hewan reptile, untuk habitat buaya sendiri seperti di danau, rawa, air tawar, sungai, serta tempat yang lembab.

Buaya juga termasuk hewan yang memilki tulang belakang selain itu dia juga hewan karnivora pemakan daging.  Makanan utama buaya adalah hewan yang memiliki tulang belakang, mamalia, moluksa, krutasea bahkan buaya mampu makan manusia.

7. Nyamuk

contoh hewan ovipar
pixabay.com

Nyamuk termasuk hewan serangga tergolong dalam keluarga order dipreta. Untuk melangsungkan kehidupannya nyamuk mencari sumber makan dari darah, yaitu menghisap darah dari hean lain maupun manusia.

Perlu anda ketahui nyamuk yang sering menghisap darah yakni nymuk betina yang memiliki cirri mulut lebih besar panjang yang bermanfaat untuk menghisap darah.

8. Kura-kura

hewan ovipar
pixabay.com

Kura-kura adalah hewan yang memiliki kaki empat serta memiliki sisik yang keras sebagai tempat perlindungan diri dari mangsanya, kura-kura termasuk hewan reptile yang suka makan ikan serta hewan kecil lainnya.

Tempurung kura-kura teragi menjadi dua bagian pertama batok bagian atas yang berfungs untuk melindungi punggug dan yang kedua tempurung bagian bawah yang berfungsi melindungi  perut, selain itu tempurung bermanfaat untuk menjaga  kesetabilan suhu badan kura-kura.

9. Kumbang

contoh hewan ovipar
pixabay.com

Kumbang adalah hewan yang termasuk serangga yang memiliki bentuk tubuh unik seperti monster dengan tangduk yang tajam di bagian kepala, sebagai perlindungan diri dan mencari sumber makan.

Kumbang termasuk hewan serangga yang memiliki sarap yang mampu untuk terbang untuk terbangnya kumbag tidak bisa lama dan jauh

10. Lebah

Lebah termasuk dalam keluarga serangga memiliki kebiasaan hidup dengan bergrombol, selain itu lebah memiliki madu yang sangat bermanfaat banget untuk kesehatan manusia, bahkan tidak sedikit  orang yang mencari madu hasil lebah ini guna untuk kesehatan dan penghasilan setiap hari.

Untuk tempat tinggal lebah biasanya di atas pohon atap rumah .

11. Kadal

hewan ovipar
pixabay.com

Kadal adalh hewan yang memiliki tulang belakang dan termasuk hewan reptile yang memiliki kesamaan dengan tokek.

Perbedaanya kadal menangkap mangsa menggunakan lidah yang panjang, memiliki tubuh lebuh kecil, tubuh bersisik, kadal ini memiliki populasi sangat besar di semua dunia namun ada perbedaan corak dan ukuran tubuh.

12. Tokek

tokek hewan ovipar
pixabay.com

Tokek masih bersaudara dengan cicak hal ini bisa kia liha dengan kesamaan bentuk tubuh paruh cara berjalan cara mencari makan dan lain sebaginya,

Tokek di katagorikan hewan reptil, tokek hidup di sekitar kita, tokek memiliki kebiasaan mengeluarkan suara yang keras nyaring, biasanya tinggal di tempat sempit gelap dan tenang.

13. Cicak

apa saja contoh hewan ovipar
karyapemuda.com

Hewan ovipar selanjutnya yakni cicak,  cicak hampir bisa kita temui di semua bangunan terutama di waktu malamhari,  hidup cicak di langit-langit baguan makanan cicak sperti nyamuk dan hewan kecil lainnya (insektivora).

Cicak biasaya memotong ekor saa merasa terancam

14. Capung

capung hewan ovipar
karyapemuda.com

Capung termasuk serangga yang memiliki sayap besar sehingga mampu terbang lama dan jarak jauh, perlu di ketahui capung banyak menghabiskan hidupnya di perairan, yakni untuk bertelur dan mencari makan setiap harinya.

Ketika musim capung hewan ini bisa kita temui di setiap penjuru daerah baik itu persawahan. Perkebunan,perumaha, taman, perdesaan, bahkan capung juga menjangkau perkotaan.

15. Penyu

apa saja contoh hewan ovipar
karyapemuda.com

Penyu termasuk dalam keluarga kura-kura yang hidup di lautan, untuk populasi penyu hampir bisa di temui di semua samudra di dunia, menurut penelitian parailmuan penyu sudah ada sejak jutaan tahun setara dengan dinosaurus.

Penyu mengalami siklus bertelur dengan bebrapa ragam, namun perlu kamu ketahui penyu bertelur 208tahun sekali, sepesies jantan menghabiskan usia hidupnya di lautan sedangkan penyu betina akan menepi kepantai hanya untuk bertelur, dan pantai yang sepi tenang.

16. Katak

hewan ovipar
pixabay.com

Katak selain hewan yang berkembang biak denga bertelur ovipar katak juga hewan ampibi, kata bisa hidup di air dan darat, makana utama katal adalah serangga dan hewan kecil lainnya.

Katak ketika hidup di perairan berenang dengan cepat menggunakan kaki kainya sebagai pendorong, ketika di darat katak berpindah dengan melopat.

17. Ikan

Ikan termasuk golongan hewan vetebrata atau hewan berdarah dingin, habitat asli ikan adalah perairan baik tawar asin payau

18. Burung puyuh

ovipar
karyapemuda.com

18. Mentok

ovipar
karyapemuda.com

20. Angsa

mungkin ini saja yaa yang bisa saya bagikan semoga  menambah pengetahuan kita, pesan saya jangan malas untuk membaca karena dengan membaca akan membuka banyak ilmu baru bagi kita, Allah pun menurunkan ayat pertama dengan menyuruh untuk membaca iqro’, jadi jangan malas untuk mengikuti update dari saya ya.

 

Hewan Karnivora

umar mahdi
1 min read

Hewan Tinggi

umar mahdi
3 min read

Hewan Unggas

umar mahdi
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *